Wafatnya Rasulullah Memberi Nikmat Kepada Ummatnya

Intisari pengajian Habib Sholeh Ibn Achmad Ibn Salim Alaydrus kitab panduan Risalatul Qusairiyah

Saat Nabi Muhammad SAW diminta untuk memilih hidup lebih lama atau segera kembali kepada Allah, Nabi memilih untuk kembali kepada Allah. Oleh sebab itu Nabi Muhammad SAW berumur paling pendek dibanding nabi-nabi yang lain. Inilah rahmat bagi ummatnya, karena dengan wafatnya beliau, Nabi SAW akan lebih dekat dengan ummatnya. 

Setelah terpisah dengan jasadnya, Nabi tidak lagi dibatasi dengan ruang dan waktu. Bahkan ada riwayat yang menyatakan bahwa setiap majelis yang mengagungkan nama Nabi Muhammad SAW, maka Rasulullah akan hadir. Hanya karena bodoh dan lumuran dosa  menyebabkan kita tak pernah merasakan kehadirannya.

Rasulullah bersabda ;

حَيَاتِي خَيْرٌ لَكُمْ وَمَمَاتِي خَيْرٌ لَكُمْ تُعْرَضُ عَلَيَّ أَعْمَالُكُمْ فَمَا كَانَ مِنْ حَسَنٍ حَمِدْت اللَّهَ عَلَيْهِ وَمَا كَانَ مِنْ سَيِّئٍ اسْتَغْفَرْت اللَّهَ لَكُمْ

Hidupku baik bagimu, dan kematianku baik bagi bagimu, diperlihatkan kepadaku amal-amalmu, apabila amal itu baik saya memuji Allah atas hal itu, dan apabila amal yang dinampakkan itu jelek saya memohonkan ampun kepada Allah untuk kalian.

Saat Rasulullah sudah wafat, ini menjadi moment bagi Rasulullah mendekatkan diri kepada ummatnya sampai hari kiamat. Karena segala nikmat yang diberikan Rasulullah kepada ummatnya ini kita dianjurkan memperbanyak bacaan: 

اللهُمَّ حَبِّب النَّبِيَّ محمد صلَّي الله عليه وسلم اِلَيْنَا

Supaya Rasulullah SAW menempatkan nama kita dalam hatinya, dengan begitu Rasulullah akan mengingat kita. Shallu ala an Nabi Muhammad SAW

0 Response to "Wafatnya Rasulullah Memberi Nikmat Kepada Ummatnya"

Post a Comment