SUBUH, THULU', ISYRAQ DAN DHUHA

Perjalanan waktu di pagi hari terbagi dalam fiqh lslam ke dalam empat etape, pertama, SHUBH (Subuh) yang ditandai kehadirannya dengan terbitnya fajar. Fajar adalah serpihan sinar dari mentari yang masih menyelinap di balik bola bumi dan tak lama lagi akan terbit. Dalam fiqh dikenal adanya dua jenis fajar, yaitu fajar kadzib (fajar bohong-bohongan) dan fajar shadiq (fajar beneran). Yang pertama tampilannya memanjang secara vertikal dan muncul hanya beberapa saat, setelah itu lenyap. Karena itu disebut kadzib. Yang kedua memanjang secara horizontal. Fajar inilah yang menjadi tanda masuknya waktu Subuh dan kita menyambutnya dengan shalat fardhu.

Etape kedua adalah THULU' (terbitnya matahari). Ini berawal dari munculnya bagian atas bundaran matahari hingga tuntas seluruh bundarannya terangkat dari permukaan bumi. Ini berlangsung kira-kira 12 menit. Di sepanjang rentang waktu (yang disebut waqt al-karahah) inilah kita diharamkan melakukan shalat sunnah.
Etape ketiga adalah ISYRAQ (memancarnya sinar mentari pagi). Ini berawal sejak berakhirnya waktu Thulu'. Bersamaan dengan ini shalat sunnah bukan saja tidak lagi diharamkan, tetapi justru sangat dianjurkan.
Etape keempat adalah DHUHA , yaitu ketika matahari sudah naik dari permukaan bumi setinggi kira-kira sebatang tombak (dlm pandangan mata).
Dalam kaitan etape-etape waktu pagi ini menarik hadith Nabi berikut ini:
من صلى الفجر في جماعة ، ثم قعد يذكر الله حتى تطلع الشمس ، ثم صلى ركعتين ، كانت له كأجر حجة وعمرة تامة تامة تامة (رواه الترمذي عن أنس وحسنه ، وله شواهدعند مسلم والطبراي)
"Barangsiapa yang bershalat Subuh berjamaah, kemudian duduk sembari berdzikir hingga terbit matahari, lalu bershalat (sunnah) dua rakaat, maka pahalanya seperti haji dan umrah sempurna sempurna sempurna."
Ini motivasi sangat kuat dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam terhadap dzikir lintas waktu yang dipungkas dengan shalat lewat janji pahala sangat besar, yaitu haji dan umrah sempurna sempurna sempurna!
Bayangkan, tiga kali beliau menyebut kata 'sempurna' untuk memberi kesan betapa seriusnya beliau dalam hal ini. Pertanyaannya kemudian, shalat apakah gerangan yang dua rakaat itu. Barangkali jawabnya adalah shalat lsyraq. Saya katakan 'barangkali' karena ada ulama yang mengatakan bahwa shalat lsyraq itu adalah shalat Dhuha. Tetapi saya condong pada pendapat yang mengatakan bahwa shalat lsyraq itu lain dari shalat Dhuha. Sebab, waktu isyraq dan waktu dhuha itu ada sendiri-sendiri seperti telah diuraikan di atas. Dalam fiqh juga shalat yang namanya lsyraq itu ada, dan shalat Dhuha juga ada.
Jika demikian halnya maka pahala haji itu akan diperoleh dg ketentuan berikut:
1. Shalat Subuh berjamaah
2. Duduk berdzikir hingga lepas dari waktu thulu'
3. Akhiri dg shalat Isyraq stlh masuk waktu lsyraq
4. Lebih utama lagi jika dirangkai dg shalat Dhuha stlh masuk waktu Dhuha
Catatan: Untuk mengetahui waktu-waktu tersebut, lihat jadwal shalat, baik yang manual maupun yang digital (aplikasi android).
Sumber : Zainul Muin Husni

7 Responses to "SUBUH, THULU', ISYRAQ DAN DHUHA"

  1. Assalamualaykum wrwb...artikel ini sangat bermanfaat...mohon penjelasannya, terkait dengan tanda waktu thulu...apakah alarm yang ada pada mesjid2 maupun aplikasi2 android merupakan indikasi masuknya waktu thulu atau berakhirnya waktu thulu...wassalam...

    ReplyDelete
  2. Waalaikumsalam wr wb

    Waktu shalat untuk 22 Jun (Jakarta, Indonesia):
    4.40, 11.57, 15.18, 17.49, 19.04

    Menggunakan #muslimpro

    http://get.muslimpro.com

    ReplyDelete
  3. Atau aplikasi

    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bitsmedia.android.muslimpro

    ReplyDelete
  4. Ini juga bisa (masih trial)

    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mobilexsoft.ezanvakti

    ReplyDelete
  5. Yang saya pakai 2 aplikasi tsb, sangat bermanfaat, bukan hanya jadal shalat saja.

    Ada beberapa lagi di play store kok, pilih saja mana yg suka, ayau coba beberapa nanti tg cocok pertahabkan, yg lain diuninstall agar gak dempet suara adzannya

    ReplyDelete
  6. Ini ada buku bagus :

    https://play.google.com/store/apps/details?id=net.azzikrstudio.SyarahAlHikam

    Ganti mondok di HP

    ReplyDelete
  7. Indak silahkan juga

    https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kitabtauhid.jadroid

    ReplyDelete